Chakra

Beberapa hari yang lalu, aku iseng searching tentang chakra. Sebelumnya aku pernah bahas tentang aura disini.  Nah, ternyata aura ada hubungannya sama chakra. Apasih chakra itu? Singkatnya, titik energi semacam pusaran, bagi yang bisa lihat bentuknya menyerupai bunga. Ada banyak chakra di tubuh manusia, yang paling berpengaruh ada 7. Sebenernya ada yang bilang 6 atau 8 sih, beda di beberapa budaya, tapi yang paling populer ada 7. Setiap chakra punya warna yang beda-beda. Ada yang bilang warna 7 cakra utama urut kaya pelangi dari chakra yang paling bawah. Singkatnya:

  1. Root chakra. Letaknya di antara anus dan kelamin. Warnanya merah, kaitannya sama basic instinc manusia. Pusarannya buka ke bawah.
  2. Sacral chakra. Letaknya di tulang ekor. Warnanya orange, hubungannya sama kesuburan dan kreativitas. Pusarannya buka ke belakang.
  3. Solar plexus chakra. Letaknya sedikit diatas pusar alias udel. Warnanya kuning, hubungannya sama power. Pusarannya buka ke depan.
  4. Heart chakra. Letaknya sejajar sama jantung, ditengah dada. Kalo aku ngerasainnya sekitar satu centi dibawah tulang rusuk yang jadi tameng di dada. Warnanya ijo, hubungannya sama empati, kasih sayang. Pusarannya buka ke depan.
  5. Throat chakra. Letaknya di leher bagian bawah, pas di bagian cekung antara dua tulang bahu. Pusarannya buka ke depan. Warnanya biru, hubungannya sama komunikasi. Cakra ini juga ada hubungannya sama imajinasi dan lucid dream (ld).
  6. Brow chakra. Letaknya di antara alis, sekitar satu centi diatas alis. Warnanya indigo atau putih, hubungannya sama intuisi. Chakra ini yang sering disebut third eye atau 6th Simbolnya sih semacam bunga 2 kelopak, kaya mata gitu. Pusarannya buka ke depan.
  7. Crown chakra. Letaknya di kepala bagian atas, tengah. Warnanya violet, ada yang bilang putih atau emas. Chakra ini paling susah dibuka. Hubungannya sama spiritualitas dan intelektualitas. Bedanya, chakra ini pusarannya ke atas.

Nah, sebenernya ketujuh chakra tadi ada simbolismenya masing-masing, tapi aku gaakan bahas itu. Kenapa? Soalnya karena bahasan tentang chakra ini asalnya dari Hindu sama Buddha, ada perlambang dewa-dewinya dan mantra buat buka chakranya. In case for some annoying judgemental people yang langsung tanpa ba-bi-bu ngomong macem-macem gegara bahas agama, maka aku gaakan bahas lebih dalem. Cari aja sendiri di Google ya kalo tertarik.

Aku sendiri baru belajar ngatur lewat meditasi sih, tapi secara pribadi enggak aku praktekin mantranya atau percaya simbolismenya, soalnya bertentangan sama keyakinanku. Selama ini jujur agak keganggu karena throat chakra (5th), brow chakra (6th) sama crown chakra (7th) enggak terkendali. Tetiba buka sendiri dan jujur itu annoying banget. Contoh sederhana deh, pernah aku selama dua minggu terus-terusan LD setiap malem. Waktu itu aku lagi kejar setoran gambar buku anak-anak. Begitu bangun, rasanya lemeeees banget. Rasanya kaya ada black hole/?/ yang ngisep tenagaku di bagian leher sama dada. Pas itu aku belum tau tentang chakra, jadi sama sekali ga ada gambaran itu maksudnya apa dan gimana cara aturnya. Ternyata itu indikasi kalo 4th sama 5th chakra terlalu aktif, otomatis ganggu chakra lainnya. Jadi intinya aku lalai sama kebutuhan diriku sendiri dan terlalu keforsir untuk kerja. Karena gambar kan pake imajinasi, jadi 5th chakra kebuka terlalu lebar dan enggak ke filter apa yang masuk kesana.

Aku pernah posting disini tentang baca kepribadian orang. Justru yang pertama kali ngasih tau adalah Pak Hardi, guru seni lukis SMA. Waktu itu beliau bilang,

“Kalo kamu pasti paham yos. Kamu bisa baca”

Pas itu aku sama sekali nggak ngeh maksudnya apa hahaha. Suatu ketika aku baca terlalu banyak orang dan akhirnya semalaman keok, puuuusing banget di dahi sampe rasanya kaya mau muntah. Saat itu, aku sendiri heran kenapa bisa gitu. Setelah sekian lama, ternyata jawabannya karena 6th chakra terlalu aktif. 6th chakra ini hubungannya sama mata, ya mata fisik ya mata batin. Kemampuan yang selama ini kulabeli dengan ‘baca orang’ ternyata ada nama bekennya, clairsentience. Keren ya hahaha /hakdes. Aku bisa lihat aura juga hubungannya sama 6th chakra ini. Beberapa kejadian selama ini juga ternyata hubungannya sama 6th chakra.

Selanjutnya, 7th chakra alias crown chakra. Jujur ini aku paling gabisa ngatur dan ini kaitannya sama dunia lain, atau kerennya sih other realm. Pernah pada suatu ketika pas mata kuliah Pak Hajar, di kelas pojokan yang suram itu, aku diganggu. Tepatnya mungkin dia nggak niat ganggu cuman ya tetep aku ke ganggu. Kalo ga salah, pas itu lagi berusaha ‘liat’ Pak Hajar. Posisiku di kursi barisan belakang sendiri nomor empat dari kanan ruang F.27.106 UPP 2 Kampus 3 UNY (nah lo). Tiba-tiba, kepala bagian atas sakit banget, saking sakitnya sampe berasa mau muntah. Waktu itu cuman tak pijet-pijet, berharap cepet berakhir. Terus seingetku sempet nunduk, dan agak berkurang, tapi ketika balik duduk menjadi-jadi lagi. Pas itu aku sadar, ini pasti ada apa-apa. Sebelumnya aku sehat walafiat. Aku coba nengok, tapi ga ada apa-apa karena pada dasarnya gabisa lihat makhluk lain. Belakangku cuman tembok. Tapi feelingku bilang, ada sesuatu. Syukurlah kuliahnya cepet selesai dan aku buru-buru keluar kelas. Pas balik ke kelas lagi, aku tanya temenku yang bisa lihat, Betty.

“Bet, belakangku tadi ada sesuatu po?”

“Kamu pusing chim? Iya emang ada.”

“Kok kamu tau kalo aku pusing?”

“Kan kamu pernah bilang kalo ngerasain ada makhluk lain pasti pusing.”

“Eh iyaya? Ho oh e Bett, pusing banget. Cewek apa cowok?”

“Cewek chim, hehe.”

Sebelumnya aku sempat diceritain Ayah ada yang tunggu di kampus, salah satunya perempuan. Dan aku yakin mbak itu yang ada di belakangku, tepatnya di belakang pundak sebelah kanan. Bisa jadi, ketika aku coba buka 6th chakra, 7th chakra ikut kebuka juga karena ada mbaknya. Makanya jadi kaya gitu. Anehnya lagi, pasti pusingnya disitu kalo urusannya sama makhluk halus. Untungnya aku gabisa lihat pake mata fisik, alhamdulillah~

Selain ketiga chakra tadi sih, ada satu chakra yang sering tak pake. Tempatnya di tengkuk, sejajar sama throat chakra, cuman hadap belakang. Selama ini kalo ngerasain vibe orang atau ruangan, selalu bagian situ yang geli. Ternyata itu salah satu dari tiga secondary chakra. Sampe saat ini belum nemu yang nulis itu chakra gunanya buat apa, tapi kalo aku ngerasanya buat itu hehe.

Overall, setelah lebih paham soal chakra ini sih, aku ngerasa lebih bisa mengatur diri aja. Sejauh ini, kebanyakan itu bermanfaat, walaupun nggak dipungkiri efeknya gede buat fisikku. Iya, aku bisa sampe sakit fisik kalau pas lagi ga balance, biasanya pusing, tetiba mual, kaya dapet seizure dan parahnya sampe kaya kesetrum. Aku baru sadar selama ini gampang banget capek. I read everything, adsorb everything but keep it to myself because it something people shouldn’t know. Somehow aku gabisa gemuk karena intuisiku selalu jalan, so I tend to be very cautious in everything. Ditambah lagi fakta kalo kemungkinan besar aku termasuk HSP (Highly Sensitive Person), tentang ini bahas di postingan lain aja ya hehe. Makasih sudah baca~ see you in the next post!

Leave a Reply

